Monday 7 December 2015

Khasiat Menakjubkan Jambu Biji


Khasiat Menakjubkan Jambu Biji

 Jambu biji (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk. Tanaman tropis ini berasal dari Brasil. Tanaman jambu biji disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Jambu biji akan berwarna kuning apabila sudah terlalu matang. Buah jambu biji sangat mudah tumbuh di Indonesia. Pohon jambu biji bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pohonnya yang mudah ditanam baik dengan cara dicangkok ataupun langsung dengan bijinya ini berakar tunggang. Pohonnya berkayu dan dapat tumbuh tinggi. Tidak hanya itu pohon jambu biji juga dapat tumbuh besar.


Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C. Jambu biji adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan. Buah jambu biji memiliki banyak manfaat yang menakjubkan. Tidak hanya buahnya saja, tapi daunnya pun juga dipercaya dapat menyembuh beberapa penyakit. Buah yang mudah dijumpai ini memiliki kandungan penting yang dapat menyehatkan tubuh bahkan membantu penyembuhan penyakit. Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh Anda.

Khasiat menakjubkan dari jambu biji ada banyak sekali. Anda bisa merasakan khasiat ini setelah menikmati buahnya. Namun, sebelum menikmati buahnya ada baiknya Anda tahu khasiatnya. Berikut ini beberapa khasiat jambu biji untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Jambu biji adalah buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut karena jambu biji mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi jambu biji Anda dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu, mengonsumsi jambu biji sangat baik untuk tubuh kita.

Mencegah tumor dan inflamasi
Dalam jambu biji mengandung lycopene. Kandungan lycopene di dalam jambu biji bermanfaat sebagai zat yang mencegah inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa jambu biji dapat mencegah penyakit berbahaya.

Terhindar dari kanker
Jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien. Buah ini efektif untuk membuat tubuh kita terhindar dari kanker. Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Katiga zat yang kaya dalam jambu biji tersebut sangat berguna bagi tubuh kita.

Tekanan darah terjaga
Jambu biji memiliki khasiat yang mengesankan. Jambu biji dapat membuat tekanan darah terjaga. Jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh eksternal. Pengaruh eksternal ini dapat merusak kesehatan tekanan darah. Dengan mengonsumsi jambu biji, tekanan darah dapat stabil.

Penunda penuaan dini
Jambu biji memiliki khasiat untuk menunda penuaan dini. Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu biji mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif. Kedua hal tadi merupakan penyebab penuaan dini.

Baik untuk kesehatan kulit
Jambu biji mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan. Hal tersebut dapat membuat kulit Anda terlihat segar kembali. Jadi, untuk merawat kesehatan kulit Anda dapat mengonsumsi jambu biji.

Menjaga kesehatan mata
Jambu biji mengandung vitamin A. Vitamin A ini banyak ditemukan pada jambu biji yang dalamnya berwarna merah. Kandungan vitamin A dalam jambu biji mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata.

Mengurangi resiko kurang darah
Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic. Semua kandungan itu berkhasiat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda. Jadi dengan mengonsumsi jambu, Anda dapat mengurangi resiko kurang darah yang mungkin terjadi pada tubuh Anda.

Buah jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung. Namun, ada sebagian orang yang kurang nyaman memakan jambu biji karena bijinya terlalu banyak. Hal ini bisa diatasi dengan membuat jus jambu biji. Dengan begitu jambu biji akan lebih mudah dikonsumsi. Manfaat jambu biji sudah diketahui banyak orang sehinggan banyak minuman kemasan yang kini berasa jambu biji. Namun, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jambu biji yang segar dan membuat jusnya sendiri. Hal itu akan membuat jambu biji yang dikonsumsi tidak terpengaruh zat lain seperti pengawet yang ada dalam makanan kemasan.

Itulah khasiat menakjubkan dari jambu biji. Banyaknya khasiat yang menakjubkan di atas tentunya membuat kita semangat untuk mengonsumsi jambu biji. Jambu biji segar ketika dinikmati dan memberikan manfaat bagi penikmatnya. Tunggu apa lagi? Ayo makan jambu biji untuk menjaga kesehatan. Demikian artikel ini. Terima kasih sudah membaca. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”