Thursday 10 December 2015

Cempedak Buah dengan Aroma Mantap dan Manfaatnya


Cempedak, Buah dengan Aroma Mantap dan Manfaatnya


Tahukah Anda tentang buah cempedak? Buah yang memiliki aroma mantap dan hampir mirip dengan durian ini banunya ternyata punya manfaat yang banyak untuk tubuh kita. Cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moreceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. Selain aromanya yang mantap, rasa buah ini juga tak kalah mantap. Cempedak memiliki daging buah yang lembut dan rasanya manis mirip seperti durian.

 Banyak yang bilang kalau buah cempedak ini adalah buah asli dari Indonesia. Namun, saat ini keberadaan buah ini jarang ditemukan. Di pasar atau swalayan pun jarang yang menjual buah ini. Namun, meski sulit mencarinya, Anda perlu mencoba buah yang memiliki aroma mantap ini. Rasanya yang manis tidak akan membuat Anda menyesal telah bersusah payah mencari buah ini.

Jika ditelusuri tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatera, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat. Dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau), tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Sekali makan buah cempedak ini, jika Anda penyuka rasa manis pasti akan ketagihan. Dibalik itu rasa buah ini sangat manis dan membuat nagih itu, buah cempedak mengandung banyak nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, enzim, bioflavanoid, dan ascobic acid. Kandungan nutrisi yang banyak tersebut memberikan manfaat untuk tubuh kita. Manfaat itu antara lain sebagai berikut.

a.       Menjaga kesehatan mata
Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang sehat? Dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan alat kacamata merupakan hal yang diinginkan setiap orang. Buah cempedak mengandung Vitamin A yang berarti membantu menambah kesehatan pada mata kita. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin A tetapi buah cempedak menjadi salah satu buah yang patut kita pertimbangkan karena rasanya yang enak.

b.      Merendahkan kolesterol pada darah
Buah cempedak juga memiliki manfaat untuk tubuh kita dalam hal merendahkan kadar kolesterol. Kandungan vitamin C dapat mengusir kolestrol jahat agar tidak mengalir dalam darah dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat seperti sakit jantung.

c.       Meredakan tumor
Ada banyak ahli kesehatan yang mengatakan kalau buah cempedak mampu membantu mengobati penyakit tumor. Tetapi sampai saat ini belum ada hal pasti mengenai hal tersebut. Melihat dari kandungannya seperti bioflavanoid, kemungkinan besar memang dapat membantu meredakan tumor.

d.      Meredakan malaria
Bioflavanodi dan kandungan enzim juga berbagai vitamin dalam buah cempedak juga dikatakan dapat membantu penderita malaria untuk sembuh. Makanlah dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Atau bisa dikatakan makanlah buah cempedak alami.

Itulah beberapa manfaat buah cempedak yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah cempedak. Selain manfaat-manfaat di atas masih banyak lagi manfaat buah cempedak yang dapat diperoleh. Buah cempedak memang saat ini lebih sulit ditemukan dibandingkan dengan buah nangka. Tidak banyak yang menjual buah cempedak. Buah cempedak ini hanya tumbuh di Asia Tenggara. Buah cempedak memang dapat membuat kita ketagihan untuk makan lagi dan lagi. Aroma yang mantap dan rasanya yang nikmat memanjakan lidah kita. Namun, pengonsumsian bua cempedak yang terlalu banyak akan menyababkan sakit perut. Buah cempedak mengandung ascorbic acid  yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membuat gas di dalam lambung. Bagi penderita sakit magh, buah ini dapat memicu penyakitnya kumat.

Itulah sedikit info untuk Anda tentang buah cempedak yang memiliki aroma mantap dan banyak manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat membaca dan selamat mencoba memakan buah cempedak. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”