Monday 7 December 2015

Bawang Merah Lezat dan Bermanfaat


Bawang Merah Lezat dan Bermanfaat

Semua orang tentunya tahu tentang bumbu masak yang satu ini. Bawang merah sering kita jumpai di dapur sebagai bumbu masakan. Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu yang banyak di dunia. Orang Jawa menyebut bawang merah dengan sebutan brambang. Bahkan di Jawa banyak anak yang sering menyanyikan lagu Brambang iris-iris, mata abang arak nangis. Faktanya saat mengiris bawang merah dapat membuat kita menangis.


Bawang merah merupakan umbi yang dapat digunakan sebagai bumbu. Jika dibelah, akan tampak bahwa bawang merah merupakan umbi lapis. Bagian dari umbinya berlapis-lapis sesuai dengan namanya. Baunya menyengat tapi sangat dibutuhkan saat memasak. Rasanya yang lezat dan membuat gurih setiap masakan membuat bawang merah selalu dicari. Bawang merah memiliki akar serabut dan tumbuh di dataran tinggi. Daunnya hampir mirip dengan daun loncang. Cara pengembangbiakannya pun menggunakan umbi. Bawang merah dapat ditanam dengan memendam umbi lais tersebut di dalam tanah dan akan tumbuh daun-daun dari atas umbi lapis. Saat daun lebat, di dalam tanah bawang merah akan bertambah banyak. Setelah daunnya tua dan hamper mongering, bawang merah di dalam tanah pun sudah bisa dipanen untuk digunakan sebagai bumbu. 

Masyarakat Indonesia sendiri sering menggunakan bawang merah ini untuk memasak. Bayangkan saja, gulai sapi ataupun gulai kambing tanpa bawang merah tidak akan terasa lezat. Hal itu juga berlaku pada masakan yang lain. Seperti halnya sate. Sate juga erat dengan bawang merah. Kelezatan bawang merah sudah tidak diragukan lagi. Bawang merah dapat digoreng lalu dicampurkan dengan masakan atau langsung dicampurkan pada bumbu masakan. Masakan akan menjadi lebih enak dan gurih. Namun apakah bawang merah hanya digunakan sekadar bumbu saja? Tentunya tidak.

Ada yang unik saat memasak menggunakan bawang merah. Saat kita mengiris lumayan banyak bawang merah kita dapat menangis. Saat mata kita memandang ke arah bawang merah yang diiris, lama kelamaan mata akan pedih dan kemudian air mata akan keluar. Hal tersebut dikarenakan adanya air dari bawang merah yang secara tidak langsung membuat mata kita pedih. Ada orang bilang kalau mengiris bawang merah jangan dipandang bawangnya. Lho, nanti kalau keiris bagaimana? Jadi jangan coba cara tersebut agar tidak menangis ya. Cukup memakai pelindung mata saja kalau terlalu banyak bawang merah yang harus diiris. Namun kalau hanya sedikit, saya rasa masih bisa ditahan air mata kita.

Terlepas dari apa itu bawang merah dan keunikan bawang merah di atas, apakah Anda tahu bahwa manfaat bawang merah? Mungkin banya orang yang saat ini hanya menganggap bahwa bawang merah hanyalah bumbu masak yang dapat menyedapkan makanan. Namun, selain sebagai penyedap makanan, bawang merah ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Bawang merah yang termasuk dalam salah satu bumbu dapur ini memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain rasanya yang lezat, bumbu dapur ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan mungkin tidak banyak orang yang tahu, tetapi bagi beberapa orang bawang merah kerap dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Contohnya saja dalam menyembuhkan sembelit, mengontrol diabetes, masalah pendarahan, mengontrol kolesterol, melindungi jantung dan juga mencegah kanker. Kandungan yang ada dalam bawang merah diantaranya yaitu flavonglikosida, lemak, protein, kalsium, vitamin B1, fosfor dan vitamin C. Kandungan flavonglikosida yang ada didalam bawang merah berfungsi sebagai anti radang, penurun panas dan pembunuh bakteri.

Selain manfaat di atas, bawang merah juga dapat sebagai obat masuk angin. Bawang merah akan menyembuhkan masuk angina. Caranya, bawang merah diparut beberapa biji. Kemudian diwadahkan di wadah yang sudah disediakan. Setelah itu bawang merah dicampur dengan minyak kayu putih. Setelah dicampur, Anda dapat mengusapkan campuran tadi di sekujur tubuh. Cukup air dari bawang merah dan minyak kayu putih saja. Tinggalkan ampas pada wadahnya. Meski bau bawang merah cukup menyengat, tapi tubuh Anda akan hangat dan masuk angin Anda akan sembuh. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”