Thursday 10 December 2015

Bawang Merah untuk Bayi


Bawang Merah untuk Bayi


Banyak orang yang menanyakan manfaat bawang merah untuk bayi benar atau tidak. Pada dasarnya hal tersebut dapat dikatakan benar karena nenek moyang kita dulu menggunakan bawang merah sebagai obat termasuk pada bayi. Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang berupa umbi lapis. Struktur bawang merah berlapis-lapis. Warna bawang merah tentunya juga merah. Pada lapisan paling luar warnanya merah sekali kemudian pada lapis dalamnya warnanya semakin memudar dan pada lapisan terakhir warnanya putih.
Selain untuk bumbu masakan, bawang merah juga memiliki manfaat bagi tubuh. Bagi beberapa orang bawang merah kerap dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Contohnya saja dalam menyembuhkan sembelit, mengontrol diabetes, masalah pendarahan, mengontrol kolesterol, melindungi jantung dan juga mencegah kanker. Kandungan yang ada dalam bawang merah diantaranya yaitu flavonglikosida, lemak, protein, kalsium, vitamin B1, fosfor dan vitamin C. Kandungan flavonglikosida yang ada didalam bawang merah berfungsi sebagai anti radang, penurun panas dan pembunuh bakteri.

Selain manfaat-manfaat di atas, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan bayi. Bawang merah dapat menjaga kesehatan bayi. Hal ini dilakukan pula oleh nenek moyang kita zaman dahulu. Bawang merah dapat menurunkan demam, mengatasi perut kembung, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, dan membunuh virus penyebab flu dan batuk pada bayi. Nenek moyang kita zaman dahulu selalu menggunakan bawang merah ketika ada bayi yang menderita keluhan di atas.

Tubuh bayi yang masih sensitif dan rentan tehadap penyakit membutuhkan perawatan yang lebih. Keadaan bayi yang kurang sehat akan membuat ibu bingung. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan bagi bayi pun akan memberikan pengaruh negatif karena tubuhnya masih kecil. Bawang merah yang ada di sekitar kita dan mudah didapatkan tersebut perlu dicoba untuk menjaga kekebalan tubuh bayi. Tidak hanya sebagai bumbu masak, bawang merah dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi tubuh bayi. Kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas dipercaya dapat memberikan pengaruh baik pada kekebalan tubuh bayi.

Penggunaan bawang merah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ini termasuk dalam cara yang yang mudah dan alami. Kita dapat menemukan bawang merah di mana saja bahkan di dapur kita selalu ada bawang merah. Selain itu, bawang merah adalah bahan yang alami dan tidak berbahaya. Bawang merah untuk dimakan saja sudah lezat ditambah dengan manfaatnya yang dapat menghindarkan kita dari penyakit. Meskipun bau bawang merah yang belum dimasak cukup menyengat, tapi tentunya itu bukan masalah saat kita bisa memetik banyak manfaatnya dari umbi lapis yang satu ini. Berbagai manfaat dari bawang merah itupun bisa dirasakan pula oleh bayi.

Saat bayi dilihat kurang sehat, pada zaman dahulu digunakan bawang merah. Bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih diparut. Parutan bawag merah tersebut diusap-usapkan ke tubuh bayi. Setelah diusapi bawang merah tadi, tubuh bayi akan hangat. Suhu tubuh bayi pun akan stabil. Selain itu, bawang merah juga dapat membunuh kuman dan bakteri yang mungkin ada di tubuh bayi atau di sekitarnya. Bawang merah dapat menjaga daya tahan tubuh bayi karena hal tersebut.

Khasiat bawang merah untuk bayi memang benar-benar digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu. Meskipun zaman sekarang kemajuan teknologi sudah berkembang pesat, tapi tidak ada salahnya bila kita mencoba hal tersebut. Pengobatan secara alami dan dengan bahan-bahan yang alami seperti bawang merah dapat menyehatkan tubuh bayi. Bawang merah yang mudah didapat dan memiliki banyak khasiat tersebut tentunya tidak akan Anda lewatkan. Kesembuhan dapat diperoleh dari hasil alam di sekitar kita. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”