Thursday 10 December 2015

Bayam dan Banyak Manfaatnya


Bayam dan Banyak Manfaatnya


Bayam merupakan sayuran yang mudah kita jumpai daam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia bayam mudah ditanam sehingga mudah ditemukan. Bayam merupakan sayuran yang kaya zat besi. Semua orang tentu mengenal bayam. Apalagi jika dikaitkan dengan film anak-anak “Popeye” yang seketika kuat ketika memakan bayam. Film ini adalah salah satu motivasi untuk anak-anak agar banyak mengonsumsi sayuran yang bermanfaat bagi tubuhnya seperti bayam.

Bayam sendiri berasal dari Amerika tapi sekarang tumbuhan ini tersebar di seluruh dunia. Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang dikonsumsi daunnya dan biasanya digunakan untuk sayuran. Bayam berdaun hijau dan berdaun lebar. Tanamannya tidak begitu tinggi dan batangnya juga berwarna hijau. Harga bayam cukup murah dan mudah didapat di sekitar kita. Selain zat besi, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang bervitamin tinggi. Oleh karena itu banyak manfaat yang kita dapatkan setelah mengonsumsi bayam.

Kandungan zat folic acid pada bayam juga mampu melindungi otot-otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut. Tak hanya itu, bayam juga mengandung B9, vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi wanita yang mengandung untuk melindungi bayinya dari kelahiran cacat di bagian syaraf. Bayam juga kaya akan zat besi yang memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian oksigen dalam darah. Zat besi juga berfungsi meningkatkan produksi haegmoglobin. Selain itu, zat besi mengambil peranan penting pada fungsi sistem imun manusia. Kekurangan zat besi akan memperbesar potensi seseorang terserang penyakit.

Manfaat bayam untuk tubuh kita antara lain:
a.       Menjaga kesehatan jantung
Nutrisi bayam sempurna untuk jantung Anda. Bayam memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat jantung Anda sehat. Kandungan vitamin A, C, folat dan magnesium sangat berguna bagi jantung Anda.
b.      Meningkatkan memori otak
Memori otak akan menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kemampuan untuk mengingat suatu hal akan berkurang. Kandungan nutrisi pada bayam akan membuat ingatan kita lebih baik.
c.       Menyehatkan mata
Bayam merupakan sumber vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat menyehatkan mata sehingga penglihatan kita tetap terjaga dan baik. Dengan mengonsumsi bayam kita dapat mengurangi resiko penyakit mata.
d.      Menjaga kesehatan pencernaan
Bayam mengandung serat yang tinggi. Serat ini efektif untuk menyehatkan organ pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.
e.       Nutrisi untuk tulang dan sendi
Kandungan kalsium dan magnesium yang ada dalam bayam membuat tulang menjadi kuat. Kandungan tersebut juga dapat mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Penyakit tulang tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi bayam secara rutin.

Sekalipun banyak manfaatnya, ada beberapa hal yang harus di waspadai dalam mengolah bayam. Jangan sampai Anda salah mengolah bayam dan dapat membahayakan tubuh Anda sendiri.  Pernahkah anda mendengar informasi bahwa sayur bayam tak boleh dipanaskan? Apabila bayam yang sudah dimasak telah lama (12 jam), maka mau tidak mau makanan tersebut harus segera dibuang dan tak lagi boleh dimakan. Eufif.org mengatakan bahwa bayam tinggi akan kandungan nitrat. Kandungan tersebut ditentukan oleh bahan tanah di mana bayam tersebut tumbuh dengan indikator, semakin besar kandungan nitratnya maka semakin besar pula bahayanya.

Zat kimia nitrat tersebut bisa berubah menjadi asam nitrat, sejenis cairan korosid yang tidak berwarna. Senyawa ini juga merupakan asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar. Selain itu, senyawa asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamine, yakni bahan yang menyerupai zat karsinogen yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Perubahan bentuk kimia tersebut dapat terjadi oleh pemanasan suhu, yang terjadi saat sayur bayam dipanaskan. Apabila di konsumsi anak-anak atau orang dewasa, hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan darah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Biasanya, darah mendadak berhenti membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan, pada bayi, kondisi seperti ini disebut dengan blue baby syndrome.

Tips mengolah dan mengkonsumsi bayam :
1.   Cuci bersih bayam sebelum dimasak guna menghindarkan efek bahaya lain, seperti penularan bakteri.
2.      Menghindarkan pemanasan bayam yang berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya sesuaikan jumlah bayam agar habis sekali konsumsi.
3.  Hindarkan memasak bayam pada bahan besi, sebaiknya gunakan bahan stailess guna memperkecil reaksi kimia yang terjadi saat memasak.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”