Wednesday 25 November 2015

Anggur, Buah Cantik dan Bergizi


Anggur, Buah Cantik dan Bergizi

Buah anggur adalah buah yang tumbuh dengan merambat. Bentuk dari tanaman angur bisa dibilang cantik. Mulai dari daun, batangnya, sulurnya dan buahnya dapat dijadikan pemandangan yang menarik. Buahnya sendiri memiliki bentuk bulat sedikit lonjong. Warnanya pun bermacam-macam. Ada yang berwarna hijau, merah atau ungu. Daging buahnya yang penuh air sangat segar jika dimakan saat siang hari. Bijinya pun tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu kita saat memakannya.


Buah anggur sudah terkenal sejak dahulu.  Anggur biasa disantap begitu saja atau sebagai bahan resep masakan atau dijadikan sirup dan kismis. Di wilayah Eropa, konon anggur sudah dibudidayakan sekitar 6000 tahun yang lalu. Sudah lama sekali ya. Banyak orang yang mejadikan tanaman anggur sebagai tanaman hias di rumahnya. Apabila di tanam dengan baik maka buah ini akan dapat berbuah lebat. Saat berbuah akan muncul pemandangan yang indah. Tanaman yang merambat dengan daun-daun yang mebghiasinya kemudian ada buah anggur bergerombol menggantung. Buah yang bergantungan ini memiliki keindahan tersendiri.

Selain cantik seperti yang telah dituturkan di atas, buah anggur juga memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. 10 persen zat lain termasuk di dalamnya ada asam galat, glukosida, asam fosfat, mangan, zat besi, sejumlah vitamin dan kalsium. Dalam buah anggur adapula senyawa lain seperti zat polifenol dan resveratol yang dikenal sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan anggur menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya kanker.

Berbagai kandungan gizi pada buah anggur sudah dijabarkan di atas. Dari berbagai gizi tersebut, buah anggur dapat memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Manfaat buah anggur untuk tubuh kita antara lain:

a.       buah anggur sumber gula darah yang baik
Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur. Jadi jika ingin menjaga keseimbangan gula darah, Anda dapat memakan buah anggur.

b.      Mengkonsumsi buah anggur dapat menjaga kesehatan jantung
Penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah. Penelitian tersebut juga  menunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dinding pembuluh darah akan lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah atau saat  darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. Hal ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

c.       Buah anggur mengandung banyak vitamin
Buah anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah anggur antara lain vitamin C, vitamin K, thiamin vitamin E, vitamin A, asam pantotenat, vitamin B-6, folat, beta karoten, dan alpha karoten. Vitamin membantu fungsi proses tubuh berjalan dengan benar yang akan mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu.

d.      Berbagai mineral ada di buah anggur
Selain sumber vitamin buah anggur juga memiliki banyak mineral. Mineral yang terkandung dalam buah anggur antara lain kalium, tembaga, mangan, dan zat besi. Mineral ini berguna untuk tubuh agar tubuh tetap sehat.

Buah anggur juga memiliki manfaat kognitif. Buah anggur yang dikonsumsi akan memberikan manfaat pengoptimalan daya kognitif. Ingatan kita pada pengetahuan akan menjadi cemerlang. Konsumsi buah anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan dapat meningkatkan daya kognitif sehingga buah anggur sangat baik untuk anak-anak yang masih sekolah agar nilainya dapat meningkat.

Selain itu, konsumsi anggur juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan menangkat penyakit kanker kulit. Untuk kecantikan, buah anggur dapat melembabkan kulit wajah. Caranya dengan mengiris buah anggur menjadi dua bagian kemudian mengoleskannya ke wajah dan diamkan selama lima belas menit. Hal ini akan efektif jika dilakukan dua kali sehari yakni pada pagi dan malam.

Dari pembahasan di atas, buah anggur memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan berguna bagi kesehatan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi buah anggur. Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda tidak mengidap diabetes, karena kandungan gula dalam anggur cukup tinggi dan akan membuat penyakit tersebut semakin parah. Cucilah dengan bersih buah anggur sebelum dimakan agar terbebas dari pestisida yang mungkin masih menempel pada buah anggur. Anda tidak boleh menyimpan buah anggur terlalu lama di kulkas karena akan menyebabkan terkontaminasi bakteri. Selamat menikmati buah anggur yang cantik dan bergizi tapi tetap harus diperhatikan pengkonsumsiannya.

No comments:

Post a Comment

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”