Wednesday 25 November 2015

Sensasi Unik Mengupas Buah Cempedak


Sensasi Unik Mengupas Buah Cempedak 


Buah Cempedak mirip dengan nangka.
Sebelum masuk pada bagian sensasi unik mengupas buah cempedak, ada baiknya jika kita kenali dulu apa itu buah cempedak. Buah cempedak adalah tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara:Sumatera, Borneo,Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat. Banyak juga orang yang bilang kalau buah cempedak ini adalah buah asli Indonesia.


Di Jawa sendiri buah cempedak dikenal dengan nama nongko cino. Buah ini memang seperti nangka. Sekilas penampilan dan rasa buah ini mirip buah nangka, wajar karena cempedak masih berkerabat (satu genus) dengan nangka. Kulitnya berduri kecil berwarna hijau dan bagian dagingnya berwarna kuning terang. Tidak hanya buahnya saja yang mirip nangka, tapi pohonya pun sangat mirip dengan nangka. Ya bisa dibilang nangka dan cempedak adalah keluarga atau kakak adik. Aroma buah cempedak dan nangka memang sama-sama kuat tapi buah cempedak pemenangnya. Banyak yang mengatakan aroma buah cempedak hampir sama dengan buah durian. Dengan aroma yang menyengat ini banyak orang yang tidak menyukai buah cempedak. Namun yang lebih menyukai buah ini tidak kalah banyak karena rasanya yang enak.

Buah ini memang sekilas mirip nangka. Lalu apa bedanya dengan nangka? Bingung apa bedanya? Cium saja aromanya. Kalau aromanya mantap dan hampir mirip durian, itulah cempedak. Anda masih kurang yakin. Icipi rasanya. Buah ini teksturnya lebih lembut dan lebih empuk dari buah nangka. Rasanya manis dan enak. Rasanya juga hampir mirip dengan durian. Rasanya yang begitu manis dan enak memanjakan lidah kita. Pokoknya bagi Anda penyuka buah dengan aroma menyengat dan rasa manis, Anda pasti akan ketagihan.

Selain itu ada hal lain yang membedakan buah cempedak dengan buah nangka. Sensasi mengupas buah cempedak lebih unik. Jika buah nangka kita tidak mengambil daging buahnya dengan membelah buah nangka menjadi beberapa bagian. Mengilangkan bagian tengah buah dan mengambil buah nangka satu persatu. Nah beda halnya dengan buah cempedak. Buah ini dikupas dengan cara yang cukup unik.

Untuk mengambil daging buah cempedak, pertama siapkan pisau dan buah cempedak yang sudah matang tentunya. Kita pegang tangkai buah cempedak kemudian menggoreskan pisau secara melingkar ke samping pada lapisan kulit cempedak. Usahakan pisau jangan sampai mengenai daging buahnya. Setelah itu, goreskan lagi pisau pada kulit cempedak ke arah bawah. Jika hal itu telah dilakukan, berarti kita sudah membuat jalan untuk mengupas buah cempedak.

Buatlah alur seperti di gambar.

Setelah itu letakkan pisau dan mulailah menarik kulit buah cempedak. Tariklah dengan yakin agar menghasilkan kupasan yang sempurnya dan daging buahnya dapat menempel pada tangkainya. Setelah Anda menariknya akan diperoleh asil seperti gambar di bawah ini.

Buah cempedak siap di makan.

Menarik bukan? Daging buah yang bentuknya hampir seperti nangka tapi lebih pendek ini menempel pada tangkai buahnya. Tadinya saya juga merasa ragu untuk mengupas dengan cara demikian. Namun setelah saya coba ternyata cukup menarik dan unik. Ternyata buah cempedak yang telah matang tetap menempel pada tangkainya meski kulitnya ditarik. Berbeda dengan nangka yang memiliki getah yang lengket di kulit, buah cempedak tidak memiliki banyak getah yang dapat menempel di kulit. Selain itu, dengan cara tadi buah cempedak akan lebih mudah dikupas. Namun jangan coba cara ini pada buah nangka karena sensai unik ini hanya ada pada buah cempedak. Anda penasaran ingin mencobanya? Cari dulu buah cempedak. Ingat, buah cempedak, bukan buah nangka.

Setelah buah dikupas seperti tadi, Anda tinggal mengambil daging buahnya dan menikmati buahnya satu persatu. Unik bukan cara mengupasnya? Buah cempedak ini selain enak juga memiliki banyak manfaat. Anda penasaran ingin mencobanya? Selamat mencoba dan rasakan pengalaman mengupas buah yang lain dari yang lain.

2 comments:

  1. Terimakasih infonya https://bit.ly/2ChpWlH

    ReplyDelete
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”